Jumat, 28 Juni 2013

DASAR-DASAR UMUM FISIOLOGI SEL



SEL
Semua benda hidup terbentuk dari sel
àunit terkecil. 
}  Manusia terdiri atas 75 triliun (75 x 1012) sel-sel, 25 triliun diantaranya eritrosit dan terdapat 100 milyar (100x109) sel sistem saraf.
}  Ukuran sel bervariasi mulai dari 5 µm (sel jaringan penghubung tunggal) dan 150 µm (ovum).
Setiap sel adalah suatu sistem lengkap (self-kontained) yang melaksanakan berbagai fungsi yaitu membentuk dan menggunakan energy, melakukan respirasi, reproduksi dan ekskresi.

STRUKTUR SEL
}  Struktur dasar sel : membran sel, protoplasma dan inti sel (nukleus). Ketiganya mempunyai komposisi kimia yang terdiri dari air, elektrolit, protein, lemak dan karbohidrat.

Membran Sel
}  Membran sel merupakan struktur sel yang sangat tipis serta elastis dengan ketebalan hanya 7,5 – 10 nm.
}  Komposisi utama membrane sel adalah protein 55 %, lemak 42 % dan karbohidrat 3%.
}  Terdapat 3 jenis lemak yang terdapat pada membrane sel yaitu fosfolipid, kolesterol dan glikolipid.

Protoplasma
            Protoplasma merupakan bahan yang secara kolektif membentuk sel terutama terdiri dari 5 bahan dasar yaitu air, elektrolit, protein, lemak dan karbohidrat.
}  Air
            Terdiri dari 70-85%. Bahan-bahan kimia sel larut dalam air sedang yang lain larut dalam bentuk suspensi atau membranous.
}  Elektrolit
    Elektrolit terpenting bagi sel yaitu kalium, magnesium, fosfat, bikarbonat, natrium, dan kalsium. Elektrolit terlibat dalam mekanisme kontrol sel dan menyediakan bahan inorganis untuk reaksi seluler.
}  Protein
   Memegang peranan penting pada hampir semua proses fisiologis seperti proses enzimatik, proses transport dan penyimpanan, proses pergerakan, fungsi mekanik, proses immunologis, pencetus dan penghantar impuls saraf serta mengatur proses pertumbuhan dan regenerasi.
}  Lemak
   Asam lemak yang merupakan komponen membran sel adalah rantai hidrokarbon yang panjang dan asam lemak yang tersimpan dalam sel yaitu triagliserol, yang hidrofobik (tidak larut dalam air) à membentuk lipid droplet dalam sel lemak (sel adiposa) yang merupakan sumber energi.
   Molekul lemak yang menyusun membran sel mempunyai gugus hidroksil (fosfolipid dan kolesterol) yang dapat berikatan dengan air.
}  Karbohidrat
    Karbohidrat membran hampir seluruhnya terdapat pada bagian luar membran, merupakan bagian “gliko” dari molekul glikoprotein yang menonjol. Gugusan karbohidrat ini merupakan bagian membran sel yang ikut serta dalam reaksi kekebalan.
      Karbohidrat yang berikatan dengan proten=glikoprotein
      Karbohidrat yang berikatan dengan lemak=glikolipid

      Kata sitoplasma umumnya digunakan untuk mendeskripsikan protoplasma yang membentuk bagian terbesar sel. Sitoplasma meliputi semua yang terletak di dalam sel tetapi di luar inti sel.
      Sitoplasma terisi oleh organel kecil dan besar yang meliputi butir lemak netral, granula glikogen, ribosom, granula sekresi dan organel yang sangat penting (mitokondria dan lisosom)

}  Mitokondria adalah sumber energy sel

}  Reticulum endoplasma dan ribosom àpenting untuk membentuk protein.

}  Aparatus golgi adalah suatu kompleks membrane dan vesikel yang berperan dalam sekresi berbagai protein yang dibentuk di ribosom.

}  Lisosom intrasel adalah vesikel yang mengandung enzim-enzim pencernaan.

Nukleus (Inti Sel)
}  Inti sel adalah suatu organel besar terbungkus membrane yang mengandung berbagai asam deoksiribonukleat (DNA, deoxyribonucleic acids) yaitu bahan genetic sel.

}  DNA berfungsi membawa kode genetik ke dalam sel kromosom
}  Gen yang terdapat pada kromosom berfungsi untuk sintesa RNA.
}  Terdapat 3 jenis RNA yang dibentuk DNA dengan fungsi yang berbeda-beda.
      Massenger RNA (mRNA) membawa kode genetik ke sitoplasma untuk mengatur sintesa protein.
      Transfer RNA (tRNA) untuk transport asam amino menuju ribosom untuk digunakan menyusun molekul protein.
      Ribosom RNA (rRNA) untuk membentuk ribosom bersama dengan 75 protein lain.
       
PERGERAKAN MELINTASI MEMBRAN
            Mekanisme transport pasif (tidak butuh energi)
Difusi sederhana
              Difusi adalah gerakan pasif zat dari tempat yang konsentrasinya tinggi ke tempat yang konsentrasinya rendah
          Difusi yang di fasilitasi
              Suatu molekul yang sebenarnya tidak mampu melintasi membrane sel dibantu (difasilitasi) oleh suatu zat pembawa sehingga kemudian dapat melintasi membrane. Mis : glukosa

}  Osmosis
              adalah difusi dari molekul-molekul air yang bergerak dari konsentrasi air yang tinggi ke rendah melewati suatu membran yang selektif permeabel
   Contoh osmosis dalam tubuh yaitu absorpsi cairan di usus halus dan ginjal

}  Filtrasi
              Filtrasi adalah pergerakan molekul-molekul dari tekanan hidrostatik yang tinggi ke tekanan hidrostatik yang rendah. Tekanan darah menyebabkan terjadinya  proses filtrasi masuk melewati pori-pori dinding kapiler.

            Transport aktif  ( membutuhkan energi)
}  Transport aktif primer
              Transport aktif primer memakai energy langsung dari ATP, misalnya pada Na-K pump dan Ca pump.

}  Transport aktif sekunder
      Transport sekunder co-transport, glukosa atau asam amino akan ditransport masuk dalam sel mengikuti masuknya natrium.
      Counter transport/exchange, masuknya ion Na ke dalam sel akan menyebabkan bahan lain ditransport keluar.
}  Untuk partikel besar, misalnya bakteri à mekanisme fagositosis  dan pinositosis. Pinositosis disebut juga drinking sel, sebab yang ditransport adalah molekul yang mengandung cairan ekstrasel. Molekul tadi ditelan seluruhnya dan terbentuk dalam vesikel pinositik. Mekanisme ini sama dengan proses fagositosis, hanya saja molekul pada fagositosis lebih padat misalnya bakteri atau bagian sel yang rusak.

PEMBENTUKAN ENERGI
}  Sel dituntut menghasilkan energi untuk digunakan sendiri è didapatkan dari hasil ekstraksi energi yang terkandung dalam  molekul makanan è mereaksikan molekul makanan dengan oksigen didalam mitochondria sel yang disebut Fosforilase oksidatif. Dalam proses ini, memerlukan ensim yang bekerja dalam mitokhondria è menghasilkan energi disebut Adenosin trifospat (ATP)
}  ATP è suatu molekul yang tediri dari basa nitrogen adenosine, gula ribose dan 3 molekul fosfat yang berikatan secara bersama.
}  ATP berupa basa nitrogen + gula ribose + 3 fosfat edonosin è mengandung energi tinggi è membebaskan 7 kkal per mol energi è digunakan oleh sel.

REPRODUKSI SEL
}  Untuk bereproduksi sel harus melakukan replikasi bahan genetiknya dan kemudian membelah menjadi dua. Replikasi dan pembelahan sel disebut siklus sel.
Replikasi sel
}  Agar dapat bereplikasi, untaian heliks ganda terurai dan masing-masing untai berfungsi sebagai cetakan untuk untai baru. Dalam pembentukan untai baru DNA, setiap adenine hanya akan berikatan dengan timin dan setiap sitosin hanya akan berpasangan dengan guanin. Dengan demikian hanya satu untai yang berfungsi sebagai cetakan bayangan cermin bagi untai lainnya, yang dibutuhkan untuk mereplikasikan keseluruhan heliks ganda. 

Pembelahan sel
}  Profase
      Profase adalah stadium pertama dari pembelahan sel.
      Struktur protein (sentriol) yang terdapat disitoplasma sel mulai bergerak ke sisi atau kutub yang berlawanan di dalam sel

}  Metafase
      Metafase adalah stadium selama kromosom secara jelas tampak menjadi dua set pasangan yang berdampingan satu sama lain di bagian tengah sel.
      Terdapat mikrotubulus yang memanjang dari sentriol ke masing-masing pasangan kromosom.

}  Anafase
      Anafase adalah stadium selama mikrotubulus mulai menarik pasangan kromosom agar terpisah.
      Satu pasang menuju salah satu kutub sentriol dan pasangan lainnya menuju kutub sentriol yang lain.
}  Telofase
      Telofase adalah stadium selama sel terbelah di tengahnya dan terbentuk membrane inti yang baru dikedua sel baru tersebut yang membungkus ke 23 pasang kromosom yang terdapat di dalam sel.
}  Meiosis adalah proses dimana sel-sel seks pada ovarium (oosit primer) atau testis (spermatosit primer) menghasilkan sel telur atau sperma yang matang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar